Trip

Mau Liburan Ke Luar Negeri? Cobain Beberapa Tips Liburan Ala Backpacker ini!

Mau Liburan Ke Luar Negeri? Cobain Beberapa Tips Liburan Ala Backpacker ini! - newslyfe.com

Tahun 2018 sudah berakhir, gimana nih momen kalian selama tahun 2018? Pastinya menyenangkan dong ya. Datangnya tahun 2019 sekaligus menandakan liburan awal tahun telah tiba.

Zaman sekarang, travelling ke luar negeri bukanlah hal yang sulit. Semua kemudahan bisa didapat via online, mulai dari promo tiket sampai informasi detail mengenai Negara yang ingin kalian kunjungi. “Ah ke luar negeri kan butuh biaya yang mahal”. Eits kata siapa mahal? Tenang gengs kita bakalan kasih tips liburan hemat ke luar negeri ala backpacker!

1. Tentukan Tanggal Keberangkatan Yang Tepat

Photo by rawpixel on Unsplash

Untuk memulai perjalanan ke luar negeri, menentukan tanggal keberangkatan yang kalian inginkan merupakan hal pertama dan utama yang harus kalian lakukan. Saran kami pilihlah tanggal liburan pada saat low season sekitar bulan Januari – April. Pasalnya, selama low season , banyak promo dengan harga menarik yang bisa kalian dapatkan.

2. Carilah Informasi Yang Detail Tentang Negara Yang Kalian Ingin Kunjungi

Photo by Capturing the human heart. on Unsplash

Sebelum kalian mulai mencari tiket promo, pelajari dahulu informasi tentang negara yang kalian ingin kunjungi. Pelajari lah mulai dari destinasi wisata di negara tersebut, penginapan , tempat makan hingga transportasi umum yang murah tapi tidak murahan selama disana. Ingat lho gengs disini kita liburannya ala backpacker jadi sebisa mungkin menggunakan uang secara efisien.

3. Mulailah Mencari Informasi Mengenai Tiket Promo

Photo by rawpixel on Unsplash

Jangan pernah melewatkan kesempatan tiket promo jika kalian ingin liburan ala backpacker. Soalnya, tiket pesawat merupakan salah satu hal yang paling menguras kantong selama liburan. Saat membeli tiket, pastikan membeli tiket pulang-pergi, jadi kalian tidak perlu pusing-pusing mencari tiket promo untuk pulang nanti. Pilihlah pesawat LCC ( low-cost carrier) seperti Air Asia, Tiger Airways dan Jetstar yang menawarkan harga lebih murah.

Nah untuk mendapatkan harga terbaik, kalian bisa mencarinya melalui traveloka, tiket.com, wego.id, atau pegi-pegi. Kalian juga bisa mencari promo tiket melalui travel agent yang ada di instagram. Tapi jangan asal pilih ya gengs! Jangan sampai yang awalnya mau untung malah jadi buntung hehe. Salah satu travel agent di instagram yang kami rekomendasikan adalah @halotiketid karena banyak sekali tiket promo murah dan terpercaya yang di jual di sana.

4. Buatlah Rencana Perjalanan / Itinerary Selama Kalian Liburan

Photo by Renáta-Adrienn on Unsplash

Biar perjalananmu lancar dan aman, ada baiknya kalian lebih dulu mematangkan itinerary perjalanannya. Bisa dimulai dari daftar destinasi yang ingin dikunjungi, lalu tempat menginap sampai transportasi apa saja yang sekiranya akan kalian gunakan. Jika kalian bingung membuat itinerary nya, kalian bisa lho melihat contoh itinerary dari internet yang kerap dibuat travel blogger atau yang tersedia di sejumlah web travel.

Dengan membuat itinerary, perjalanan kalian nantinya akan sangat terbantu. Selain itu, rencana perjalanan yang sudah tertata bisa mencegah kalian mengeluarkan biaya tambahan untuk hal yang sebenarnya tidak diperlukan.

5. Pilihlah Penginapan Dengan Sistem Dormitory

Photo by KEEM IBARRA on Unsplash

Untuk kalian yang ingin mencoba liburan ala backpacker, tidak ada salahnya mencoba menginap di hotel dengan sistem dormitory. Soalnya, hotel dengan sistem ini rata-rata memiliki harga yang tergolong murah. Di samping itu, kalian juga bisa bertemu dan berkenalan dengan orang baru!

Kamar di hotel dengan sistem dormitory biasanya diisi 6-10 tempat tidur gengs. Buat para backpacker wanita, kalian ga perlu khawatir tidur 1 kamar dengan pria. Karena ada dormitory yang menyediakan kamar khusus wanita.

O iya gengs, jangan lupa cari penginapan yang dekat dengan transportasi umum seperti halte bus, MRT atau yang lainnya. Karena selain dapat menghemat biaya liburan, hal semacam ini juga memungkinkan kalian menjelajah berbagai tempat dengan lebih leluasa.

Tinggalkan komentar