Politik

Liga Arab Siapkan Rencana Untuk Menentang Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Liga Arab Siapkan Rencana Untuk Menentang Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel - newslyfe.com

KAIRO (Kantor Berita Sputnik) Negara anggota Liga Arab berniat menyusun rencana untuk menentang keputusan AS yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Kira-kira itulah bunyi dokumen hasil pertemuan para menteri anggota Liga Arab pada hari Kamis lalu.

“Sekretariat organisasi telah ditugasi membuat rencana komprehensif meliputi segala tindakan yang dapat dilakukan untuk menghalangi keputusan AS atau negara manapun yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan ingin memindahkan kedubesanya ke kota ini,” Bunyi bagian lainnya dari dokumen tersebut.

Dikatakan bahwa rencana ini harus siap dalam jangka waktu dua minggu ke depan, yang di dalamnya terdapat tindakan politik, yudisial maupun ekonomi.

Sebelumnya pada awal minggu ini, Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry mengatakan bahwa relokasi kedubes AS dan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel tidak akan mengubah status hukum kota ini.

Selain itu, kedua tindakan di atas juga tidak akan menghapus hak sah warga Palestina atas tanah yang memang miliknya.

Sebagai informasi, upacara pembukaan kedubes AS di Yerusalem hari Senin tanggal 14 Mei lalu berujung pada bentrokan yang melibatkan pendemo Palestina dan pasukan Israel di Jalur Gaza.

Akibat kejadian tersebut, 60 pendemo Palestina meregang nyawa dan lebih dari 2.700 pendemo lainnya mengalami luka-luka.

Mengikuti langkah AS, pada hari Rabu pekan lalu, kedubes Guatemala resmi direkokasi dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Mengomentari seluruh kejadian ini, sekretaris umum Liga Arab Ahmed Aboul Gheit pada hari Kamis ikut angkat suara.

Menurutnya, Liga Arab harus memperbaiki hubungan dengan AS, Guatemala atau negara manapun yang mungkin mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel sekaligus ingin memindahkan kedubes negaranya ke kota ini.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar