Politik

Korea Utara Ancam Akan Membatalkan KTT Dengan Amerika Serikat

Korea Utara Ancam Akan Membatalkan KTT Dengan Amerika Serikat - newslyfe.com

Wakil Menteri Luar Negrei Korea Utara mengatakan pihaknya tak tertarik terlibat dalam negosiasi yang hanya membicarakan proses denuklirisasi.

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Kim Kye-gwan juga mengatakan bahwa Korea Utara hanya ingin bernegosiasi dengan Donald Trump jika dirinya berniat untuk memperbaiki hubungan kedua negara.

Sang Wakil Menteri Luar Negeri mengatakan jika negosiasi dengan AS hanya berisi tuntutan sepihak mengenai denuklirisasi pada Korea Utara, pihaknya tak lagi tertarik untuk melanjukan KTT antara Amerika Serikat dan Korea Utara.

“Kami tak punya pilihan selain membatalkan KTT nya jika Amerika Serikat hanya berniat untuk memojokkan kami dan mendesak agar kami menyerahkan senjata nuklir,” ujar Kim Jong Un seperti yang dikutip kantor berita Yonhap.

Sang diplomat Korea Utara menyarankan AS, sebaiknya tujuan pelaksanaan KTT ini lebih untuk meningkatkan hubungan antar kedua negara. Dengan begitu tanggapan yang diberikan Korea Utara bisa jadi lebih positif.

Sebelumnya, Korea Utara telah mengumumkan penundaan KTT dengan Korea Selatan yang seharusnya diadakan pada tanggal 16 Mei kemarin. Alasannya, latihan militer gabungan Max Thunder antara Korea Selatan dan AS hingga kini masih berlangsung.

Korea Utara sendiri menganggap latihan ini sebagai tindak provokasi.

Sementara itu berdasarkan jadwal yang telah beredar sebelumnya, KTT antara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump akan digelar di Singapura pada tanggal 12 Juni mendatang.

Namun, saat ini Korea Utara justru mengancam akan membatalkan KTT nya dengan pihak Amerika Serikat.

Menanggapi isu ini, Departemen Negara AS mengklaim pihaknya belum menerima informasi apapun dari Korea Utara perihal ancamannya yang ingin membatalkan KTT antara Kim Jong Un dan Donald Trump.

AS sendiri lebih memilih untuk meneruskan segala persiapan yang diperlukan menjelang perhelatan tersebut.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar