Politik

Korea Selatan Menyayangkan Keputusan Korea Utara Yang Membatalkan KTT

Korea Selatan Menyayangkan Keputusan Korea Utara Yang Membatalkan KTT - newslyfe.com

Korea Selatan menyayangkan keputusan sepihak Korea Utara yang telah membatalkan KTT antar kedua negara. Menteri Persatuan Korea Selatan mengatakan, menurut rencana pertemuan kedua negara tersebut seharusnya diadakan tanggal 16 Mei kemarin.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Persatuan Korea Selatan mengatakan bahwa keputusan Korea Utara yang telah membatalkan KTT pada hari Rabu tersebut sangat disayangkan.

“Pembatalan sepihak KTT antara Korea Selatan dan Utara dengan dalih latihan militer AS-Korea Selatan, sama sekali tak sesuai dengan isi Deklarasi Panmunjom yang telah disepakati kedua belah pihak pada tanggal 27 April lalu. Sungguh disayangkan,” bunyi pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Korea Utara memang telah mengumumkan kalau pihaknya akan membatalkan KTT dengan Korea Selatan yang rencananya digelar pada tanggal 16 Mei.

Seperti yang telah disebutkan di atas, alasan pembatalannya terkait latihan militer gabungan yang saat ini masih dilangsungkan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Sementara itu kantor berita Yonhap melaporkan, latihan militer gabungan Max Thunder yang melibatkan Korea Selatan dan AS merupakan latihan invasi terhadap Korea Utara. Namun, Korea Utara menganggapnya sebagai sebuah tindakan provokasi.

Sebagai informasi, sebelumnya Korea Utara telah memberikan usulan pada pemerintah Korea Selatan untuk menggelar KTT antar kedua negara pada tanggal 16 Mei di Desa Panmunjom.

Usulan ini diajukan usai mencairnya hubungan kedua negara.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar