Politik

Kedubes AS Resmi Dipindahkan Ke Yerusalem, Begini Prosesi Acara Pembukaannya

Kedubes AS Resmi Dipindahkan Ke Yerusalem, Begini Prosesi Acara Pembukaannya - newslyfe.com

Kedubes AS secara resmi membuka kedubesnya di Yerusalem pada hari Senin kemarin setelah mendapat banyak kecaman dari seluruh dunia. Pasalnya, kota Yerusalem telah lama diklaim Israel dan Palestina sebagai ibu kota negaranya.

Presiden AS Donald Trump sendiri telah mengumumkan keputusannya untuk memindahkan kedubes AS ke Yerusalem sekaligus mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada bulan Desember lalu.

Menanggapi keputusan ini, Palestina langsung memberikan protes keras. Palestina menekankan bahwa keputusan ini akan membahayakan proses perdamaian antara Israel dan Palestina.

Tak cuma Palestina, PBB pun ikut mengkritik tindakan ini.

Sayangnya, sesi pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB gagal menghentikan langkah Trump dikarenakan AS memiliki hak veto yang melindunginya.

Mengikuti langkah AS, baru-baru ini Guatemala dan Paraguay mengatakan kalau mereka juga akan memindahkah kedubesnya ke Yerusalem.

Untungnya, banyak juga negara lain yang tetap mempertahankan kedubesanya di Tel Aviv.

Acara Penyambutan

Sebuah acara penyambutan turut diadakan untuk merayakan acara pembukaan kedubes AS yang baru.

Menurut laporan berbagai media, acara ini dihadiri oleh Sekretaris Keuangan AS Steven Mnuchin, Putri Trump Ivanka, Penasehat Kepresidenan dan Suami Ivanka Jared Kushner.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Ivanka Trump mengatakan dirinya merasa terhormat diundang bergabung dengan delegasi AS untuk mewakilkan pemerintahan serta rakyat Amerika yang tak bisa hadir dalam acara ini.

Tak hanya mereka yang disebutkan di atas, di dalam delegasi AS juga ada ratusan orang lainnya meliputi anggota kongres, petinggi agama dan para pejabat.

Selain itu, banyak diplomat asing yang diundang dalam acaranya, meskipun beberapa memutuskan untuk tidak hadir sebagai bentuk protesnya terhadap relokasi tersebut.

Bangunan Kedubes Yang Baru

Amerika Serikat saat ini berencana membangun fasilitas baru untuk keperluan kedubes baru nantinya. Namun untuk sementara, para pegawai kedubes AS di Yerusalem akan ditempatkan di lokasi yang sudah disediakan.

Sejauh ini, bangunan kedubes AS di Yerusalem belum terlihat mengalami banyak perubahan, selain diperlihatkannya logo resmi kedubes yang baru.

Sebagai informasi, acara pembukaan resmi kedubes AS ini diadakan tepat di hari kemerdekaan Israel 14 Mei.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar