Masyarakat

Angka Kelahiran Di Jepang Terus Menurun Selama 37 Tahun Terakhir

Angka Kelahiran Di Jepang Terus Menurun Selama 37 Tahun Terakhir - newslyfe.com

Data baru yang dirilis oleh Menteri Komunikasi Dan Hubungan Dalam Negeri Jepang, mengungkapkan bahwa jumlah anak-anak di Jepang terus menurun dalam 37 tahun terakhir, hingga mencapai angka terendahnya.

Sementara itu, definisi anak-anak menurut sang menteri adalah yang berumur 14 tahun atau di bawah 14 tahun.

Pada tanggal 1 April kemarin, terdapat 15,53 juta anak di Jepang. Jumlah ini 170.000 lebih sedikit dibanding tahun lalu.

Tak hanya itu, kantor berita Japan Times melaporkan, ternyata angka ini merupakan angka terendah sejak data semacam ini dirilis dari tahun 1950, hanya 12,3 persen dari seluruh populasi di Jepang.

Meskipun Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berjanji akan membantu meningkatkan populasi negara dengan memberdayakan wanita serta meningkatkan fasilitas daycare, nampaknya upaya ini dirasa tak efektif.

Menurut sang menteri, di Jepang ada 7,95 juta anak laki-laki dan 7,58 anak perempuan per tanggal 1 April tahun ini.

Kebanyakan anak-anak ini berusia antara 12 sampai 14 tahun, kemudian diikuti batita berusia dua tahun.

Dan dari data tersebut juga nampak bahwa Tokyo merupakan satu-satunya kota yang memiliki jumlah anak lebih banyak di tahun ini dan tahun lalu.

Sedangkan Okinawa memiliki rasio anak tertinggi dari total populasi, yakni 17,1 persen, diikuti oleh Shiga di angka 14,1 persen dan Saga 13,7 persen.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar