Lifehacks

Cara Mudah Memulai Bisnis Online Shop

Cara Mudah Memulai Bisnis Online - newslyfe.com

Kalau kamu siap mengikuti passion wirausahamu tapi belum punya modal untuk buka toko, siapa tahu memulai bisnis online bisa menjadi pilihan terbaikmu! Faktanya, dengan memulai bisnis online kamu bisa menjangkau jutaan calon pembeli lho. Kelebihan lainnya kamu tidak harus membayar sewa tempat layaknya toko.

Kendati demikian, seperti bisnis pada umumnya, kamu perlu membuat tim dan rencana pemasaran yang solid. Jadi, simak beberapa hal yang harus kamu pelajari untuk memulai bisnis online.

Persiapkan Bisnismu

Photo by Christin Hume on Unsplash

1. Tentukan Produk Atau Layanan Yang Akan Kamu Jual

Memulai bisnis online memberikan kamu keuntungan akses terhadap jutaan calon pembeli, tapi jangan lupa kalau kamu juga punya banyak kompetitor. Satu hal yang kamu harus tahu: Apapun yang kamu jual, pebisnis online lainnya juga menjual produk yang sama seperti kamu!

2. Daftarkan Nama Domain Bisnismu

-Pertimbangkan biaya produksi, pengiriman dan hosting web terlebih dahulu

-Ketahui regulasi bisnis di tempatmu dan patuhi peraturannya agar mempermudah jalannya bisnismu.

-Pilihlah nama bisnis yang catchy dan pendek sehingga mudah diingat orang-orang. Jika sudah ketemu, jangan lupa untuk segera daftarkan ya!

3. Cari Layanan Web Hosting

Tahukah kamu bahwa ada banyak layanan hosting gratis? Tapi, jika kamu serius ingin mengembangkan bisnis onlinemu cobalah mencari layanan hosting berbayar. Biasanya nih, layanan hosting berbayar menyediakan segala hal yang kamu perlukan dalam menjalankan bisnis onlinemu.

Sekedar saran, dari sekian banyak layanan hosting berbayar pilihlah satu hosting yang paling memungkinkan bisnis onlinemu berkembang.

Ciptakan Online Shopmu

Photo by Charles Deluvio 🇵🇭🇨🇦 on Unsplash

1. Buat Online Shop Yang Stylish Tapi Tetap Mudah Dikelola

Bertema elegan atau funky, klasik atau hipster, online shopmu harus benar-benar merefleksikan atau sesuai dengan barang atau jasa daganganmu. Dikarenakan kamu tak bisa meyakinkan langsung calon pembelimu, online shopmu lah yang harus menggantikanmu melakukan tugas ini.

Penting untuk diperhatikan bahwa online shopmu harus mudah digunakan seluruh calon pembelimu saat mereka memutuskan untuk “berbelanja”.

Tips dari kita: Buatlah situs online shop yang sederhana dan tetap mudah digunakan calon pelanggan. Perhatikan semua tombol atau keterangan di dalamnya. Ingat harus cukup besar dan mudah dibaca. Terakhir pastikan logo online shopmu berada di bagian atas laman ya!

2. Join Ecommerce

Kamu memerlukan ini sehingga para calon pembelimu dapat dengan mudah menemukan produk jualanmu. Ecommerce biasanya dapat dipercaya dalam menyimpan informasi para pembeli, apalagi ecommerce besar yang telah memiliki nama.

Jadi, jangan ragu untuk gunakan jasa ecommerce karena dengan layanan inilah para pembeli bisa merasa aman dan nyaman saat membeli produk-produkmu.

3. Persiapkan Akun Khusus Transaksi

Dulu, transaksi bisnis memang hanya mengandalkan uang tunai ataupun cek. Namun, di jaman sekarang ini penting bagi para pebisnis online membuat kartu kredit untuk mempermudah sistem transaksi dengan para pembelinya.

Pemasaran Produk/Layanan

Photo by Campaign Creators on Unsplash

1. Tambahkan Konten Yang Eye-Catching Di Situs Online Shopmu

Fokus pada keahlianmu dan tampilkan dengan ciamik nan profesional di situs online shopmu. Buat keterangan produk semenarik mungkin di tempat yang sekiranya memang memerlukan keterangan. Tapi, usahakan jangan menaruh jargon di lapak jualan mu ya! Soalnya, hal seperti ini rentan mengganggu para pembeli.

Ga mau kan kehilangan calon pembeli hanya karena masalah sepele begini? Hihi.

2. Mainkan Seluruh Media Sosial Pendukung

Apapun bisnismu, mempertahankan nama bisnismu di laman pencarian internet merupakan kunci sukses berdagang online. Oleh karena itu, yuk buat akun di Facebook, Twitter dan Instagram.

Jangan lupa kelola dengan baik seluruh akun media sosial bisnismu!

Tips: Pastikan seluruh link di akun media sosialmu terhubung ke situs utama jualanmu dan situs utama jualanmu harus menampilkan seluruh link akun media sosial daganganmu!

3. Pasang Google AdSense Di Situs Jualanmu

Google’s AdSense diketahui merupakan tool yang dapat digunakan untuk menambah keuntungan bisnismu, tak peduli bisnis yang kamu jalankan berskala kecil, menengah atau besar. Setelah dipasang, Google’s Adsense akan menempatkan sejumlah iklan yang relevan dengan konten situs jualan kamu.

Nah, untuk setiap iklan yang ditampilkan dalam situs jualanmu atau pun iklan yang diklik calon pembelimu, kamu akan menerima sedikit “recehan” darinya. Lumayan kan?

Tinggalkan komentar