Kesehatan Sains & Teknologi

Teknologi Rusia: Melalui selfie kondisi kesehatan terkinimu bisa didiagnosa!

Teknologi Rusia: Melalui selfie kondisi kesehatan terkinimu bisa didiagnosa! - newslyfe.com

Dewasa ini, masyarakat tak lagi ingin ke dokter untuk mendiagnosa penyakit. Yang mereka perlukan hanyalah sebuah ponsel pintar dan aplikasi MeCare yang dikembangkan di Rusia.

Sebuah aplikasi di ponsel pintar, yang dikembangkan oleh sebuah tim insinyur di Nizhny Novgorod membantu para pengguna iPhone mendiagnosa penyakit di fase awal.

Menurut penulis sekaligus manajer proyek aplikasi MeCare Sergei Blintsov, aplikasi tersebut juga memungkinkan penggunaan gelang fitness atau jam pintar yang memberikan gambaran lebih jelas pada sang pemilik mengenai kondisi fisik terkininya.

“MeCare telah menemukan sebuah metode unik yang dapat mendiagnosa berbagai penyakit meliputi diagnosa kilat terhadap penyakit Parkinson dan mampu mengidentifikasi kondisi kardio-vaskular dengan cara menganalisa berbagai selfie milik pasien,” Blintsov mengatakan dalam sebuah wawancara tertulis dengan Sputnik.

Dia menambahkan bahwa sebuah analisis efisiensi algoritma telah menemukan bahwa hampir 95 persen diagnosanya benar.

Tim yang berada dibalik aplikasi MeCare saat ini mengembangkan analisa algoritma yang lebih baru untuk menambahkan daftar kondisi kesehatan yang memungkinkan untuk didiagnosa.

Gagasan untuk mengembangkan aplikasi MeCare muncul usai tim tersebut ikut ambil bagian dalam final kontes internasional Microsoft Imagine 2017 Rusia dengan membawakan proyek yang berbeda.

“Perawatan kesehatan dan medis merupakan aspek vital dalam kehidupan kita dan saya yakin kalau mereka akan terus mengembangkan aplikasi ini dalam tahun-tahun selanjutnya. Ini adalah keyakinan teguh saya bahwa aplikasi MeCare harus didapatkan secara gratis. Kami juga berencana untuk memberikan segala konsultasi berbayar dan saat ini kami sedang mengembangkan berbagai instrumen rehabilitasi terhadap klien-klien kami,” Sergei Blintsov mengatakan.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar