Kesehatan Sains & Teknologi

Para ilmuwan Rusia menemukan enzim ‘Keabadian’ yang diklaim bisa sembuhkan kanker!

Para ilmuwan Rusia menemukan enzim ‘Keabadian’ yang diklaim bisa sembuhkan kanker! - newslyfe.com

Berbagai manipulasi dengan enzim telomerase, sebuah enzim penting untuk pembelahan sel secara tepat, dapat membuat sel-sel menjadi abadi serta mampu memerangi sekaligus mencegah sel kanker. Namun untuk dapat melakukannya, para ilmuwan pertama-tama harus memahami strukturnya.

Para ahli biologi Rusia dari Moscow State University baru-baru ini elah menerbitkan sebuah studi yang membahas struktur bagian enzim telomerase. Salah satu penulisnya mengatakan bahwa studi tersebut akan membantu mengembangkan pengobatan yang dapat menstimulasi atau menghambat kinerja aktivitas enzim.

Telomerase diperlukan dalam duplikasi peptida DNA yang tepat melalui RNA. Enzim ini biasanya aktif di berbagai bagian tubuh yang memerlukan perkalian sel berulang atau konstan dengan pewarisan DNA yang tepat, seperti sel induk ataupun sel reproduksi. Aktivitas enzim ini “menebalkan” lapisannya secara terus menerus, dan meskipun dapat beregenerasi, aktivitas enzim ini akan menurun seiring berjalannya waktu, mencegah pembelahan sel dengan tepat dan mengakibatkan penuaan.

Yang lebih aneh lagi adalah sel-sel kanker hampir setiap saat memiliki enzim ini di dalam keadaan aktif, yang membuat para ilmuwan berasumsi bahwa kanker bisa saja bermula dari aktivasi enzim telomerase yang tak tepat dalam sel-sel normal.

Hal ini mengindikasikan bahwa manipulasi terhadap aktivitas enzim telomeras dapat menghasilkan sebuah terobosan besar, seperti untuk memerangi sel kanker maupun mencegah penuaan sel. Kendati demikian, para ilmuwan pertama-tama perlu benar-benar memahami struktur enzim ini  dan bagaimana cara kerjanya.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar