Dunia

Usai Tragedi 9/11 Warga AS Sekitar Manhattan Mengeluhkan Sakit Sampai Sekarang

Usai Tragedi 9/11 Warga AS Sekitar Manhattan Mengeluhkan Sakit Sampai Sekarang - newslyfe.com

Menurut laporan yang baru dirilis oleh badan 9/11 Victims Compensation Fund (VCF), beberapa hari hingga beberapa bulan usai tragedi 9/11, banyak penduduk dan sukarelawan yang tinggal ataupun bekerja di wilayah Manhattan melontarkan keluhan. Pasalnya, jumlah dan jenis penyakit yang melanda wilayah tersebut kian bertambah.

Menurut laporan yang dirilis pada hari Kamis lalu tersebut, badan VCF hingga saat ini telah memberikan santunan sebanyak $3,6 miliar.

Seluruh santunan ini diberikan pada mereka yang telah mengajukan klaim sejak terjadinya tragedi 9/11 dan mereka yang saat itu berada dekat lokasi kejadian dan terkena paparan asap tebal, reruntuhan, bahan kimia serta debu beracun.

Badan penggalangan dana ini sendiri telah memeriksa bahwa ada lebih dari 19.000 orang yang berhak atas uang kompensasinya.

Alasannya, jelas karena mereka terkena dampak langsung tragedi mengerikan 9/11.

Ironisnya, 17 tahun usai kejadian tersebut, banyak masyarakat masih menderita akibat berbagai penyakit yang timbul pasca serangan.

Program Kesehatan World Trade Center (WTC) sendiri juga telah membenarkan bahwa penyakit yang diderita berkaitan dengan tragedi 9/11.

Beberapa penyakit yang paling sering diderita antara lain bronchitis kronis, sindrom saluran napas reaktif, penyakit gastroesophageal reflux, sleep apnea dan sinusitis parah yang memerlukan tindak operasi.

Sementara itu, catatan kesehatan milik program kesehatan WTC memperkirakan sekitar 410.000 masyarakat terpapar bahan beracun seperti asbes pada saat dilakukannya tindak penyelamatan, pemulihan hingga pembersihan lokasi kejadian usai tragedi 9/11.

Dan ternyata, mereka yang terkena paparan zat kimia beracun paling banyak adalah orang-orang yang ditugaskan untuk menyelamatkan korban selamat saat kejadian.

Menurut Program Kesehatan WTC, saat ini setidaknya ada satu dari 37.000 orang yang masih menderita penyakit akibat tragedi 9/11 17 tahun silam.

Sebagai informasi, tragedi 11 September tahun 2001 ini yang menimpa gedung kembar World Trade Cener di kota New York dan gedung Pentagon di Washington telah menelan korban hingga 3.000 jiwa.

Sedangkan kerugian yang diakibatkan diperkirakan mencapai $10 miliar.

Sedikit mengingatkan, 17 tahun lalu tepatnya tanggal 11 September tahun 2011 sejumlah pengebom bunuh diri al-Qaeda membajak empat pesawat milik Amerika Serikat.

Kemudian al-Qaeda memerintahkan dua pesawatnya untuk melancarkan serangan ke gedung kembar WTC dan dua pesawat lainnya menyerang gedung Pentagon.

Tiga pesawat berhasil memenuhi target serangan sementara pesawat keempat jatuh di sebuah ladang dekat kota Shanksville, Pennsylvania.

Jumlah korban jiwa dalam tragedi 9/11 ini mencapai 2.977, termasuk diantaranya 343 pemadam kebakaran, 60 polisi dan para wisatawan dari 92 negara.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar