Dunia

Trump Minta Pentagon Untuk Mengurangi Pasukan AS Di Korea Selatan

Trump Minta Pentagon Untuk Mengurangi Pasukan AS Di Korea Selatan - newslyfe.com

Kantor berita Sputnik. Menurut berita yang dilansir media, Presiden AS Donald Trump telah meminta Pentagon untuk mempertimbangkan pengurangan pasukan AS di Korea Selatan.

Berita ini muncul seminggu setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersama dengan Presiden Moon Jae In menggelar KTT dimana tahun ini keduanya sepakat menandatangai perjanjian perdamaian.

Perlu diketahui, kedua negara ini secara teknis telah terlibat perang sejak tahun 1953.

Sementara itu harian New York Times mengatakan para narasumbernya mengakui bahwa perjanjian perdamaian antar dua negara Korea turut mengurangi beban AS yang selama ini menempatkan 28.500 pasukannya di wilayah Semenanjung Korea.

Sebelumnya, Presiden Donald Trump juga kerap mengeluh, mengatakan betapa mahalnya biaya yang harus dikucurkan AS untuk melindungi Korea Selatan dan Jepang.

Berkaitan dengan KTT bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong Un, menurut rencana keduanya akan segera bertemu dalam beberapa minggu ke depan.

Tujuan diadakannya KTT bersejarah ini adalah untuk membahas tuntas isu senjata nuklir di wilayah Semenanjung Korea.

Di lain pihak, Presiden Korea Selatan Moon Jae In mengatakan kehadiran pasukan AS di Korea Selatan adalah bentuk tanggung jawab AS sebagai sekutu Korea Selatan.

Oleh sebab itu, sang presiden menolak gagasan Donald Trump yang ingin menarik pasukan AS dari wilayah Semenanjung Korea, bahkan jika perjanjian perdamaian antara Korea Utara dan Korea Selatan telah ditandatangani.

Penandatanganan ini nantinya juga akan mengakhiri perang Korea yang bergulir dari tahun 1950-1953 secara resmi.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar