Dunia

Tempat Di Yerusalem Ini Dinamakan ‘Donald Trump’

Tempat di Yerusalem ini dinamakan ‘Donald Trump’ - newslyfe.com

Otoritas Yerusalem dalam sebuah konferensi pers pada hari Selasa mengatakan, walikota Yerusalem Nir Barkat memutuskan untuk mengganti nama alun-alun yang lokasinya dekat dengan kedubes AS di Yerusalem menjadi Donald Trump.

“Presiden Trump telah mengambil keputusan untuk mengakui Yerusalem sebagi ibukota umat Yahudi. Oleh karena itu, sebagai penghormatan atas jasanya kami akan mengganti nama alun-alun tersebut dengan namanya,” ujar Barkat dalam sebuah pernyataan.

Lanjutnya, dalam beberapa bulan ke depan otoritas Yerusalem berencana menggelar upacara peresmian nama baru untuk alun-alun tersebut. Tak ketinggalan, pejabat AS turut serta menghadiri acaranya.

Menurut pernyataan Barkat, sebagai bentuk penghormatan kepada Presiden Donald Trump, nama jalan di wilayah tersebut juga akan diganti dengan namanya.

Kabarnya, pernyataan tersebut muncul usai pada bulan lalu, Menteri Pembangunan Israel Yoav Gallant mengatakan dirinya sempat berpikir untuk menamai alun-alun Yerusalem dengan nama Donald Trump.

Sebagai informasi, menurut rencana relokasi kedubes AS dilakukan pada tanggal 14 Mei, bertepatan dengan hari kemerdekaan Israel yang ke 70.

Perlu diketahui bahwa relokasi di tanggal 14 Mei hanyalah sebuah simbol.

Tentu saja, proses relokasi yang sesungguhnya memerlukan waktu lebih lama, khususnya dalam memindahkan sejumlah unit diplomatik dari kedubes lama ke kedubes yang baru.

Kembali pada awal bulan Desember tahun lalu, Donald Trump telah mengumumkan keputusannya mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Tak berhenti sampai disitu, dirinya juga memerintahkan Departemen Negara AS untuk melakukan proses pemindahan kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Langkah ini segera menuai kritik pedas dari sejumlah negara, khususnya Palestina dan negara Timur Tengah.

Selain itu, keputusan kontroversial Donald Trump ini juga memicu gelombang protes yang terjadi di Yerusalem dan seluruh dunia.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar