Dunia Eropa

Spanyol Kirim 5 Kapal Perang Senilai USD 2,5 Milyar Ke Arab Saudi

Spanyol Kirim 5 Kapal Perang Senilai USD 2,5 Milyar Ke Arab Saudi - newslyfe.com

Pada hari Kamis, Menteri Pertahanan Spanyol, Maria Dolores Cospedal dan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, menandatangain sebuah kesepakatan pengiriman lima kapal patrol korvet Avante 2200 senilai $2,47 milyar ke negara Timur Tengah tersebut.

Menurut sang menteri, seluruh kapal perangkan akan dibuat oleh perusahaan pembuat kapal Navantia di galangan kapal miliknya yang berlokasi di San Fernando.

Raja Salman sendiri tiba di Spanyol pada hari Rabu. Sementara itu, sebelumnya pada hari Kamis, sang Putra Mahkota Arab Saudi telah menggelar pembicaraan dengan Raja Spanyol Felipe VI beserta Perdana Menteri Mariano Rajoy.

Dari data yang didapat empat LSM; Amnesty International, Greenpeace, Oxfam dan FunfiPau, dalam periode tahun 2015 sampai 2017, Spanyol telah mengekspor perlengkapan militer dan berbagai macam senjata senilai $901 juta ke Arab Saudi.

Pada bulan Oktober lalu, keempat LSM ini menuntut diadakannya penyelidikan independen terkait tujuan penggunaan senjata yang dipesan pihak Arab Saudi.

Tuntutan ini muncul usai bertambahnya bukti yang menunjukkan bahwa seluruh senjata pesanan Arab Saudi tersebut digunakan dalam konflik Yaman.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar