Dunia

Rakyat Palestina Mencoba Menerobos Perbatasan Israel

Rakyat Palestina Mencoba Menerobos Perbatasan Israel - newslyfe.com

Sebuah cuplikan video yang dirilis kantor berita Al-Jazeera pada hari Jumat kemarin, menunjukkan segerombolan warga Palestina mencoba menerobos pagar pembatas yang berada di antara Jalur Gaza dan Israel. Dalam aksinya, terdengar mereka meneriakkan “Allah bersama kami”.

Ini merupakan kali keenam aksi protes masa pecah di wiliyah Palestina.

Berdasarkan cuplikan video yang dirilis kantor berita Al-Jazeera pada hari Jumat, terlihat beberapa pemuda Palestina mencoba memasuki wilayah Israel dengan menerobos pagar pembatas tersebut. Dalam aksinya, mereka turut merusak pagar seraya meneriakkan “Allah bersama kami.”

Menurut Pasukan Tentara Israel (IDF), serangan serupa yang dilancarkan pemuda Palestina telah berlangsung dari hari Sabtu seminggu yang lalu.

Menurut informasi yang beredar, selama enam minggu terakhir dimulai dari tanggal 30 Maret, warga Palestina telah menggelar berbagai aksi demonstrasi massal di sepanjang pagar pembatas.

Dalam aksi ini, mereka turut memblok wilayah Jalur Gaza dari Tel Aviv.

Protes yang dijuluki dengan nama Great March of Return, bertujuan untuk mengembalikan wilayah Palestina yang telah direbut Israel dalam Perang Kemerdekaan tahun 1948.

Meskipun puluhan nyawa peserta aksi demo telah terenggut dan lebih dari 1.000 lainnya terluka, massa Palestina tetap bersikeras melanjutkan aksi demonstrasinya sampai tanggal 15 Mei mendatang, yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Israel.

Di hari tersebut Israel akan memperingati ulang tahun negara ke 70 yang dibangun di atas tanah warga Palestina. Warga Palestina sendiri menyebut peringatan ini “al-Nakba” yang berarti “bencana”.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar