Dunia Politik

Pertemuan Bersejarah Trump Dan Kim Jong Un Akan Diselenggarakan Di Singapura

Pertemuan Bersejarah Trump Dan Kim Jong Un Akan Diselenggarakan Di Singapura - newslyfe.com

Washington (Kantor Berita Sputnik). Singapura dipilih sebagai lokasi pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Berdasarkan penyataan Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih, Raj Shah kepada wartawan kantor berita Air Force One, keamanan dan kenetralan menjadi alasan utama Singapura menjadi lokasi KTT nya.

“Singapura memiliki hubungan yang baik dengan Amerika Serikat dan Korea Utara,” ujar Shah pada hari Kamis ketika ditanya alasan dibalik terpilihnya Singapura sebagai lokasi penyelenggara.

“Singapura juga dapat menjamin keamanan kedua presiden, serta memberikan netralitas,” tambahnya.

Sebelumnya pada hari Kamis, Trump telah lebih dulu mengumumkan dalam akun Twitternya bahwa dia akan bertemu dengan Kim di Singapura pada tanggal 12 Juni.

 

Menyinggung Singapura sebagai lokasi penyelenggara acara besar, Shah kembali mengingatkan bahwa sebelumnya, pertemuan pertama antara pemimpin Cina dan Taiwan juga diadakan di negara Asia Tenggara tersebut beberapa tahun lalu.

Sementara itu, juru bicara Gedung Putih mengatakan perihal rincian pertemuan meliputi durasinya masih akan didiskusikan.

Namun, Shah juga memperingatkan meskipun tanggal dan lokasi pertemuannya telah disepakati, bisa saja pertemuan bersejarah tersebut sewaktu-waktu dibatalkan.

Alasannya tentu saja banyak, namun yang paling mendapat perhatian perkara tindakan Korea Utara di masa lalu.

Tambahan pula, pada hari Rabu, Sekretaris Negara Micahel Pompeo mengatakan pihaknya berencana mengadakan pertemuan selama satu hari antara Trump dan Kim.

Tetapi, durasi waktunya masih bisa diperpanjang jika ternyata ada banyak hal yang perlu didiskusikan.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar