Dunia

Penemuan Bangkai Kapal Abad Ke 19 Saat Pencarian Pesawat MH370

Penemuan Bangkai Kapal Abad Ke 19 Saat Pencarian Pesawat MH370 - newslyfe.com

Empat tahun setelah hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 dalam perjalanannya dari Kuala Lumpur menuju Beijing, para penyelidik justru menemukan hal tak terduga lainnya saat sedang mencari bangkal pesawat tersebut.

Para ahli kelautan telah mengidentifikasi dua bangkai kapal yang teridentifikasi sebagai kapal batu bara abad ke 19 saat sedang melakukan pencarian bangkai kapal MH370 di perairan Samudera Hindia, kantor berita Agence France Presse melaporkan.

“Kedua bangkai kapalnya berasal dari kapal dagang abad ke 19, yang satu terbuat dari kayu sementara yang lainnya dari besi. Keduanya membawa batu bara,” ujar Ross Anderson, kepala musem wilayah Australia Barat bidang arkeologi kelautuan.

Dirinya menambahkan bahwa masing-masing kapal nampaknya mengangkut hingga 30 awak kapal.

Berdasarkan berbagai informasi yang diberikan oleh pihak perkapalan Inggris, Anderson mengatakan bahwa bangkai kapal kayu yang ditemukan bisa merupakan bekas kapal W. Gordon yang karam saat sedang berlayar dari Glasgow, Skotlandia ke Adelaide, Australia di tahun 1876.

Kemungkinan lainnya, bangkai kapal itu bisa jadi bekas kapal Magdala, yang pernah berlayar dari Penarth, Wales ke Ternate, Indonesia.

“Sedangkan untuk bangkai kapal besi, kemungkinan bekas kapal barques Kooringa (1894), Lake Ontarion (1897) atau mungkin West Ridge (1883), namun dari bukti yang ditemukan kapal West Ridge lah yang nampak paling sesuai,” Andersin menambahkan.

Sebagai informasi, pesawat Malaysia Airlines MH370, segera menjadi misteri penerbangan terbesar di dunia setelah pesawat ini diketahui hilang dari radar empat tahun yang lalu.

Seperti yang sebelumnya telah diberitakan, Pesawat Boeing 777 berukuran jumbo ini tengah mengangkut 239 penumpang dan awak kapal saat tiba-tiba menghilang dari layar radar pada tanggal 8 Maret 2014.

Beberapa analisis yang dilakukan pada momen sesaat sebelum pesawat menghilang mengatakan bahwa pesawat MH370 ini terjun bebas tanpa bisa dikendalikan sang pilot.

Ironisnya, selama tiga tahun pencarian, hanya 33 bagian bangkai pesawat MH370 yang berhasil ditemukan di area dekat perairan dalam Samudera Hindia, letak pesawat tersebut diperkirakan jatuh.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar