Dunia

Metode Uji Coba Nuklir Bawah Tanah Rusia Sedang Dikembangkan

Metode Uji Coba Nuklir Bawah Tanah Rusia Sedang Dikembangkan - newslyfe.com

Menurut militer Rusia, banyak negara pemilik senjata nuklir telah menemukan cara untuk mengakali Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Sebagian dengan melakukan uji coba nuklir di bawah tanah.

Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir ini sendiri melarang dilakukannya uji coba nuklir di wilayah udara, luar angkasa dan bawah air.

Para ahli senjata nuklir militer Rusia mengatakan metode uji coba nuklir bawah tanah yang telah dikembangkan mampu menyembunyikan ledakan nuklir nantinya.

Alasan ini pula yang membuat Federasi Rusia saat ini ikut mengembangkan metode serupa dalam melakukan uji coba nuklir negara, ujar Kolonel igor Tokarev, kepala Direktur Utama Departemen Pertahanan ke-12, mengatakan pada kantor berita Sputnik.

Menurut Tokarev, negara pemilik senjata nuklir mulai melakukan uji coba ledakan nuklir bawah tanah. Ledakan ini sendiri dapat dideteksi secara eksklusif menggunakan sistem pemantauan seismik.

“Sebenarnya lebih mudah melakukan uji coba nuklir dengan metode semacam ini. Terlebih lagi, saat ini metodenya sudah tersedia dan terus dikembangkan,” kata Tokarev.

Mengenai metode uji coba nuklir ini, Tokarev mengklaim bahwa metodenya hanya memerlukan sedikit muatan nuklir.

Selain itu, kurangnya muatan nuklir membuat intensitas gelombang seismik cenderung lebih rendah.

Keunggulan lainnya, karena dilakukan jauh di kedalaman tanah, terlebih lagi di zona seismik, pelacakan terhadap uji coba nuklir dengan metode semacam ini akan menjadi semakin sulit.

Sebagai informasi, Perjanjian Pelarangan Uji Coba Nuklir Komprehensif ini diselesaikan pada tahun 1996 dan diratifikasi oleh 166 negara. Secara hukum, perjanjian ini melarang negara di seluruh dunia untuk melakukan uji coba ledakan nuklir.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar