Dunia Politik

Israel Ancam Akan Bunuh Bashar Assad Jika Iran Tetap Beroperasi di Suriah

Israel Ancam Akan Bunuh Bashar Assad Jika Iran Tetap Beroperasi di Suriah - newslyfe.com

Israel berulang kali menyuarakan kekhawatirannya akan dugaan kehadiran militer Iran di Suriah. Terlebih lagi, pihaknya juga mengklaim bahwa Iran telah mendirikan pangkalan militer di negara tersebut.

Menanggapai dugaan yang dilayangkan Israel, Iran lantas menyangkalnya. Menurut pengakuan Iran, pihaknya hanya mengirimkan penasehat militer ke Suriah untuk membantu Damaskus memerangi teroris.

Sementara itu, Menteri Energi Israel Yuval Steinitz mengancam akan membunuh Bashar Assad jika pihaknya nekad mengizinkan Iran tetap beroperasi di Suriah.

“Hal ini tak bisa diterima, disaat Assad hanya duduk manis di kediamannya sekaligus membangun kembali kekuasaannya, Suriah justru berubah menjadi basis serangan terhadap Israel” ujar Steinitz seperti yang dikutip kantor berita Ynet.

Sang menteri mengklaim meskipun Israel sejauh ini tak terlibat dalam konflik Suriah, pihaknya tanpa ragu akan segera menggulingkan pemerintah Suriah.

Steinitz juga mengatakan jika Assad nekad menjadikan Suriah basis serangan Iran terhadap Israel, sang menteri tak segan untuk menghabisi nyawanya.

Ketegangan ini terjadi hanya sehari setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa negaranya tak akan mentoleransi kehadiran militer Iran di wilayah utara perbatasan negaranya.

Bahkan jika Netanyahu harus menggunakan tindakan militer untuk mencegahnya.

Netanyahu mengklaim, beberapa bulan terakhir ini Satuan Pelindung Negara Iran kerap mengirimkan senjata berteknologi canggih ke Iran, meliputi berbagai drone, sistem pertahanan udara dan rudal darat.

Sebelumnya tanggap 9 April, sepasang pesawat perang Israel F-15 melancarkan serangan udara terhadap pangkalan udara T-4 di Suriah.

Serangan ini menyebabkan terbunuhnya tujuh petugas Iran yang ditempatkan di negara tersebut.

Tak tinggal diam, otoritas Iran berjanji akan memberikan tanggapan atas serangan ini. Hal ini lah yang mendorong media Israel berspekulasi bahwa Iran bisa saja melancarkan serangan rudal balasan dari wilayah Suriah.

Terlepas dari klaim yang dilontarkan Israel dan AS, Iran terus menyangkal kehadiran militernya di Suriah. Kendati demikian, pihaknya mengaku telah mengirimkan beberapa penasehat militer untuk membantu Damasku memerangi terorisme.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar