Dunia

Inilah Fakta Menakjubkan Gedung Pencakar Langit Di Asia

Inilah Fakta Menakjubkan Gedung Pencakar Langit Di Asia - newslyfe.com

Tahukah kamu, menurut data dari Council on Tall Buildings and Urban Habitat, lebih dari 63 persen gedung tertinggi di dunia ada di Asia! Fakta mengejutkan ini membuat Asia menjadi yang terdepan mencapai angkasa.

Menurut laporan yang fokus mendata bangunan dengan ketinggian melebihi 150 meter, benua Asia adalah rumah dari lebih 3.600 gedung pencakar langit.

Selanjutnya, data menunjukkan sebanyak 2.306 gedung pencakar langit saat ini berada di Cina. Ketinggian gedung tersebut beragam, mulai dari 150 meter atau bahkan lebih.

Lotte World Tower Seoul - newslyfe.com

Lotte World Tower Seoul – newslyfe.com

Dan mungkin saja, sebentar lagi Cina akan membangun lebih banyak gedung pencakar langit dengan tinggi melebihi 300 meter. Menjadikannya lebih unggul dalam kompetisi gedung pencakar langit meninggalkan negara lainnya.

One World Trade Center, News York City - newslyfe.com

One World Trade Center, News York City – newslyfe.com

Oleh karena itu jika dibandingkan dengan Amerika Utara dalam hal kuantitas gedung pencakar langit, jelas Asia lah yang berada di posisi terdepan.

Sementara itu, Amerika Serikat turut mendominasi kompetisi ini dengan jumlah keseluruhan gedung pencakar langit sebanyak 943 buah. Dari angka ini, lebih dari 78 persennya memiliki tinggi lebih dari 150 meter, 19 persen melebihi 200 meter dan tinggi gedung pencakar langit sisanya melebihi 300 meter.

Guangzhou CTF Finance Center - newslyfe.com

Guangzhou CTF Finance Center – newslyfe.com

Dari seluruh pernyataan di atas, jelas sudah bahwa Cina dan AS merupakan dua negara dengan jumlah gedung pencakar langit terbanyak, jauh meninggalkan negara lainnya.

Taiwan's Taipei 101 - newslyfe.com

Taiwan’s Taipei 101 – newslyfe.com

Kendati demikian, ternyata gedung tertinggi di dunia tak ada di Asia ataupun AS lho! Gedung ini justru berlokasi di United Arab Emirates, di mana 7,2 persen gedung pencakar langitnya memiliki ketinggian di atas 300 meter!

Shanghai World Financial Center - newslyfe.com

Shanghai World Financial Center – newslyfe.com

Burj Khalifa yang diklaim sebagai gedung tertinggi di dunia saat ini terletak di Dubai, dengan ketinggian mencapai 828 meter.

Satu tingkat di bawahnya, ada Shanghai Tower milik Cina dengan ketinggian 632 meter yang digadang-gadang sebagai gedung tertinggi kedua di dunia.

International Commerce Center, Hong Kong - newslyfe.com

International Commerce Center, Hong Kong – newslyfe.com

Menyusul di peringkat ketiga, ada The Abraj Al-Bait Tower di Mekkah, Arab Saudi dengan ketinggian 601 meter. Diikuti dengan gedung Ping An Finance Center dengan ketinggian 599 meter yang terletak di wilayah Chinese Shenzen.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar