Dunia

Inilah 6 Mobil Keren Presiden Rusia Dari Masa Ke Masa

Inilah 6 Mobil Keren Presiden Rusia Dari Masa Ke Masa - newslyfe.com

Pada hari Senin lalu, pertama kalinya Presiden Rusia Vladimir Putin mengendari mobil barunya dari Gedung Senat Kremlin ke Auditorium Andreyevsky untuk menghadiri acara inagurasinya. Sebelumnya, Vladimir Putin terpilih kembali sebagai presiden Rusia dua periode berturut-turut.

Para insinyur Rusia dikabarkan telah menggarap proyek pembuatan mobil negara ini sejak tahun 2012. Sekarang, mobil ini resmi menjadi mobil negara Vladimir Putin.

Senate Limousine, nama mobil ini, merupakan satu diantara beberapa model mobil yang dikembangkan dalam proyek ‘Kortezh’.

Menurut informasi yang beredar, limousine ini memiliki daya 598 tenaga kuda dan mesin V8 berkapasitas 4,4 liter.

Di masa lalu, mobil kenegaraan yang digunakan para pemimpin Uni Soviet kebanyakan buatan lokal seperti salah satunya ZIL-41047. Namun di pertengahan tahun 1990an, Kremlin mulai menggunakan mobil kenegaraan buatan Jerman.

Sekarang, yuk kita bahas mobil para pemimipin Rusia, pendahulu Vladimir Putin:

Joseph Stalin

Sebelum munculnya mobil buatan Rusia ZIL, Stalin merupakan penggemar mobil mewah Amerika ‘Packard’.

Di tahun 1935, seorang duta besar Amerika Averell Harriman, mendonasikan pada Stalin sebuah mobil Packard seri ke 14 yang sebelumnya digunakan Presiden AS Franklin Roosevelt.

Tak lama berselang, tepatnya di tahun 1936, limousine buatan Rusia pertama, seri ZIS 101 akhirnya diluncurkan.

Namun, Stalin tetap lebih menyukai mobil Packard nya yang dianggap lebih canggih dari limousine buatan Rusia.

Sampai di tahun 1945, keluarlah seri baru mobil lokal ZIS 110 yang dianggap sebanding dengan Packard seri 180. Saat itu, Stalin diberikan mobil lokal serupa dengan versi lapis baja, ZIS 115.

Stalin's ZIS-115 at the Technikmuseum Sinsheim / Wikipedia - newslyfe.com

Stalin’s ZIS-115 at the Technikmuseum Sinsheim / Wikipedia – newslyfe.com

Nikita Khrushchev

Ketika dirinya pertama kali menjabat, Khrushchev menolak saran bodyguard nya untuk menggunakan mobil lapis baja. Namun, pada akhirnya dia mengikuti saran tersebut dan memilih menggunakan mobil seri terbaru ZIL-111.

Sedangkan jika dirinya ingin menemui tamu khusus di Kremlin, Khrushchev lebih menyukai menggunakan mobil ZIL-111V yang dilengkapai dengan kap terbuka. Mobil ini juga digunakan oleh Yuri Gagarin.

Meskipun dirinya tak menyukai mobil lapis baja, Khrushchev ternyata seorang penggemar mobil lho! Kadang kala, Khrushchev menyempatkan diri membeli beberapa mobil atau bahkan menerimanya sebagai hadiah.

DI tahun 1959, Krushchev membeli sebuah mobil American Cadillac Fleetwood 75 yang dilengkapi dengan kain pelapis warna merah dan AC.

ZIL-111 / Wikipedia - newslyfe.com

ZIL-111 / Wikipedia – newslyfe.com

Leonid Brezhnev

Di antara pemimpin Uni Soviet lainnya, Brezhnev lah yang paling menyukai mobil, khususnya mobil-mobil buatan asing seperti Maseratis, Rolls Royces dan mobil Mercedes berwarna biru yang selalu digunakannya berkeliling kota Moskow.

DI tahun 1972, Presiden AS Richard Nixon menghadiahi Brezhnev dengan sebuah mobil Cadilac Eldorado. Dua tahun kemudian, atas permintaan sang pemimpin Soviet secara khusus memesan mobil Lincold Continental untuk dikirim ke Kremlin.

Terlepas dari kecintaannya terhadap mobil buatan luar negeri, Brezhnev juga masih menggunakan mobil buatan lokasl ZIL 114.

Menurut beberapa sumber, Brezhnev memiliki sekitar 49 sampai 324 koleksi mobil.

ZIL-114 / Wikipedia - newslyfe.com

ZIL-114 / Wikipedia – newslyfe.com

Mikhail Gorbachev dan Boris Yeltsin

Baik Gorbachev ataupun Yeltsin, keduanya menggunakan mobil lapis baja buatan lokal seri ZIL-41052 yang dirilis pada tahun 1988. Di seri tersebut hanya ada 22 mobil dimana 10 di antaranya telah disimpan.

Vladimir Putin

Saat Vladimir Putin menjabat sebagai Presiden Rusia pertama kalinya, dirinya sering menggunakan mobil Marcedes tipe 600 Pullman. Namun, untuk kunjungan kenegaraan dan parade, dirinya lebih sering menggunakan mobil buatan lokal ZIL-41052.

Di tahun 2005, ketika Presiden AS George W. Bush mengunjungi Rusia, Putin mengizinkan Bush untuk mencoba mobil antik tipe GAZ-21 keluaran tahun 1956 miliknya.

Dan, di tahun 2009, di depan para jurnalis, Putin menunjukkan mobil baru buatan Rusia, lada Niva miliknya.

600 Pullman in Mercedes Museum, formerly transporting guests of the German Government / Wikipedia - newslyfe.com

600 Pullman in Mercedes Museum, formerly transporting guests of the German Government / Wikipedia – newslyfe.com

Dmitry Medvedev

Medvedev menggunakan limousine Mercedes tipe S600 Pullman Guard sebagai mobil resminya. Mobil ini sendiri memiliki ukuran yang lebih besar. Tak hanya itu, kendaraan keren milik Medvedev ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih, seperti komputer yang terhubung dengan internet, DVD, TV dan sebuah kulkas.

A ZIL-41052 used by Dimitri Medvedev in Bern in 2009. / Wikipedia - newslyfe.com

A ZIL-41052 used by Dimitri Medvedev in Bern in 2009. / Wikipedia – newslyfe.com

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar