Dunia

Erdogan Kecam Dunia Internasional Yang Diam Saja Melihat Pembantaian Rakyat Palestina

Erdogan Kecam Dunia Internasional Yang Diam Saja Melihat Pembantaian Rakyat Palestina - newslyfe.com

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, pada hari Senin lalu mengkritik dunia internasional yang dianggapnya tak peduli pada nasib rakyat Palestina. Padahal, sampai saat ini banyak rakyat Palestina yang telah dibunuh oleh pasukan Israel.

“Ketidakpeduliaan dunia internasional terhadap pembunuhan yang terjadi di Palestina adalah tanda akan hilangnya keamanan masyarakat di masa depan,” ujar Erdogan seperti yang dikutip oleh kantor berita Anadolu.

Komentar Erdogan ini adalah tanggapan atas demonstrasi massal yang telah digelar rakyat Palestina di sepanjang perbatasan Jalur Gaza sejak tanggal 30 Maret lalu.

Dalam aksi demo yang lebih dikenal dengan nama Great March of Return, puluhan pendemo telah dibunuh oleh pasukan Israel.

Di lain pihak, ketika disinggung masalah ini, pasukan Israel mengklaim tindakan mereka semata-mata untuk melindungi wilayah perbatasan.

Sedangkan otoritas Israel berulang kali menyangkal dugaan penggunaan jumlah pasukan yang berlebihan dalam menghadapi pendemo Palestina.

Tak hanya itu, pihak Israel juga menolak panggilan penyelidikan internasional terkait aksi pertumpahan darah ini.

Sebelumnya, seperti yang dilaporkan kantor berita Haaretz, Hamas yang saat ini menguasai Jalur Gaza berniat menawarkan upaya gencatan jangka panjang pada Israel.

Sebagai gantinya, pihak Hamas mengharapkan kelonggaran blokade di wilayah Palestina yang telah ditetapkan Israel dan Mesir sejak tahun 2007.

Jika memungkinkan, Hamas juga akan meminta dilakukannya pertukaran tahanan dengan pihak Israel.

Perlu diketahui, selama ini rakyat Palestina terus berjunag mencari pengakuan diplomatik terhadap negaranya yang terletak di wilayah Tepi Barat, meliputi Yerusalem Timur dan Jalur Gaza.

Namun sayangnya, pemerintah Israel enggan mengakui Palestina sebagai sebuah negara politik dan diplomatik yang independen.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar