Dunia

Apapun Yang Terjadi Iran Akan Tetap Melanjutkan Program Nuklirnya

Apapun Yang Terjadi Iran Akan Tetap Melanjutkan Program Nuklirnya - newslyfe.com

Menjelang rencana pengumuman AS terkait keputusannya dalam kesepakatan nuklir Iran Presiden Iran Hassan Rouhani angkat suara. Rouhani mengatakan Teheran akan tetap menjaga hubungannya dengan berbagai negara di dunia namun, tetap akan bertindak sesuai kepentingannya.

“Terlepas dari adanya ancaman sanksi, kami akan tetap pada pendirian kami. Hal ini dilakukan demi perkembangan negara kami,” ujar Rouhani dalam sebuah pertemuan dengan para manajer minyak di Teheran.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan sikap tegas Iran terhadap pelanggaran kesepakatan nuklir akan membuat AS jengkel.

Sedangkan menurut Presiden AS Donald Trump, sedari awal dirinya telah menyebut kesepakatan nuklir Iran memuakkan.

Pada tanggal 30 Januari, Donald Trump meminta Kongres menyebutkan hal-hal yang merugikan AS di dalam kesepakatan nuklir Iran.

Hal tersebut merupakan buntut peristiwa di akhir bulan Oktober tahun lalu ketika Trump menolak meresmikan kembali kesepakatan nuklir Iran, dengan alasan Iran telah melanggar isi kesepakatannya.

Baru-baru ini, Bahram Qasemi, juru bicara Menteri Luar Negeri Iran mengatakan negaranya telah bersiap akan segala skenario keputusan Trump.

Sebagai informasi, pada tanggal 12 Mei mendatang Donald Trump akan mengumumkan keputusan negaranya terkait sanksi yang dijatuhkan pada Iran.

Sementara itu, berbeda dengan AS yang masih tak menentu, menteri luar negeri Jerman, Inggris dan Prancis telah mengeluarkan pernyataan gabungan.

Dalam pernyataan tersebut, ketiga negara menyatakan akan tetap berada dalam kesepakatannya meski Amerika Serikat memutuskan untuk menarik diri.

Perlu diketahui, kesepakatan nuklir Iran ditandatangani di Vienna tanggal 14 Juli 2015 oleh Iran bersama dengan Amerika Serikat, Rusia, Cina, Iggris dan Prancis, sebagai lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Tak ketinggalan, Jerman turut serta dalam penandatangannya.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar