Budaya Masyarakat

Di China lansia yang nantinya ingin dimakamkan secara ‘ramah lingkungan’, Mereka akan diberi hadiah

Di China lansia yang nantinya ingin dimakamkan secara ‘ramah lingkungan’, Mereka akan diberi hadiah - newslyfe.com

Pemerintah kota Wenling di sebelah timur provinsi Zhejiang China telah memperkenalkan pemberian imbalan bulanan kepada penduduk lansia yang memilih penguburan ekologis ramah lingkungan untuk prosesi pemakaman mereka.

Untuk mempromosikan penguburan ramah lingkungan, Wenling menawarkan sejumlah uang dari kantor urusan sipil untuk para penduduk lansia jika mereka menandatangani sebuah kesepakatan yang memilih pemakaman laut ketika mereka wafat.

Penduduk yang berusia 70-80 tahun akan menerima uang bulanan sebesar 100 yuan ($15,9), dan tiap satu dekade jumlah uang tambahan sebesar 100 yuan ditambahkan jumlahnya. Seseorang yang berusia 100 tahun bisa mendapatkan uang bulanan sebesar 400 yuan.

Pada tanggal 5 April lalu, sebuah acara festival musim semi di mana masyarakat China menghormati para nenek moyangnya, seorang nelayan bernama Dai Yuyin beserta istrinya, pasangan yang berusia 70 tahunan, menandatangani sebuah perjanjian agar kelak abu tubuhnya ditebarkan di laut.

https://twitter.com/Beautifulgx/status/981822528028008448

“Saya seorang nelayan. Laut sudah seperti rumah saya, Saya ingin kembali ke rumah ketika saya meninggal nanti,” Dai mengatakan seperti yang dikutip oleh China Daily.

Tradisi masyarakat China mengatakan bahwa orang yang sudah meninggal harus dikubur dalam peti mati di samping nenek moyang mereka, tetapi kebiasaan seperti itu telah membebani negara yang memiliki populasi padat. Dengan demikian, pemakaman ramah lingkungan saat ini menjadi semakin populer di Tiongkok.

“Saya ingin abu saya ditebarkan di lautan, atau dikubur dengan metode penguburan ramah lingkungan lainnya,” ujar Gao Yihuan yang berusia 27 tahun asal Xiamen, provinsi Fujian. “Pemakaman terkesan muram. Saya lebih suka dekat dengan alam.”

Kementerian Urusan Sipil China, pada bulan ini mengeluarkan sebuah panduan yang menetapkan tujuan nasional, agar prosesi pemakaman hijau dapat mencapai angka 50 persen dari total prosesi pemakaman yang ada pada tahun 2020.

Sumber: Sputnik

Tinggalkan komentar