Beauty

Hi Girls, Simak 5 Cara Mudah Memilih Warna Foundation Yang Pas Untuk Kulitmu!

Bagi wanita, terkadang membeli foundation bisa sangat menakutkan lho! Tapi jangan takut, karena kami punya rahasia memilih warna foundation yang pas untuk kulitmu!

Girls, kalau kamu seperti aku, pasti deh pernah merasa kalau memilih warna foundation yang tepat dari beberapa rangkaian warna yang ditawarkan sangat menakutkan. Duh! Gimana ya cara memilih warna foundationbiar muka ga belang? Jangan khawatir! Ini dia tips mudah memilih warna foundation yang tepat untuk kulitmu:

  1. Yang pertama dan paling utama, kamu harus tau undertones kulitmu

newslyfe.com

Warna undertones dan warna kulit ternyata merupakan dua hal yang berbeda lho! Undertones ini nantinya akan menentukan warna foundation yang cocok untuk kamu.

Sebagai informasi, undertones sendiri terbagi menjadi tiga kategori yakni cool, neutral dan warm.

Untuk kamu yang memiliki cool undertones, memiliki rona kulit cenderung merah muda hingga kemerahan dengan warna pembuluh darah kebiru-biruan. Oh iya, aksesoris warna silver, juga paling pas buat kalian si pemilik cool undertones!

Neutral undertones hmm.. cukup tricky, karena undertones kategori ini bukan termasuk kategori warm ataupun cool.

Cara mudah untuk menentukan apakah kamu memiliki neutral undertones, dengan coba mengenakan aksesoris baik yang berwarna emas ataupun silver.

Kalau dua-duanya pas dipakai kamu, congratulations! Kamu pemilik warm undertones.

Dan yang terakhir, buat kamu yang memiliki warm undertones, pastinya kamu paling cocok menggunakan aksesoris berwarna gold!

Buat si pemilik warm undertones, rona kulitmu cenderung kuning langsat.

  1. Selesai dengan urusan undertones, sekarang waktunya mengetahui jenis kulit kamu

Mengetahui jenis kulit yang kamu miliki, tentu saja akan sangat membantu dalam menentukan tipe foundation yang terbaik untukmu!

Contohnya, buat kamu pemilik jenis kulit cenderung kering, lebih baik hindari pemakaian powder foundation agar wajahmu tak terlihat semakin kering.

Nah, cara mudah untuk mengetahui jenis kulit yang kamu miliki bisa dengan cara mencuci muka dan kemudian gunakan pelembab pada wajahmu.

Kalau ternyata wajahmu jadi seperti kilang minyak, maka kamu memiliki jenis kulit berminyak. Sedangkan jika setelah memakai pelembab, wajahmu hanya terasa sedikit berminyak maka kamu memiliki jenis kulit normal. Tapi kalau kulitmu terasa kencang seperti tertarik, maka kamu memiliki jenis kulit yang kering.

Namun, ada juga nih yang merasa di beberapa bagian wajahnya sangat berminyak, tapi di bagian lainnya justru kering. Nah, kalau kamu salah satunya, berarti kamu memiliki jenis kulit kombinasi.

  1. Kalau kamu sedang mampir ke toko kosmetik (seperti Sephora), jangan ragu untuk mencoba sample warna foundation yang tersedia di punggung tanganmu. Psst.. Seringnya warna punggung tangan dan wajahmu cocok lho!

Kalau kamu beneran bingung dan tak yakin dengan warna foundation yang sesuai dengan kulit wajahmu, kamu bisa langsung meminta bantuan beauty advisor yang ada di sana.

Nah, untuk gambar di atas, kamu bisa lhat dengan jelas kalau warna foundation paling atas sangat tidak cocok dengan kulit yang dimiliki wanita tersebut.

Alasannya: Pertama, warnanya terlalu terang. Kedua, warna kulit yang dimiliki wanita ini cenderung kuning keemasan sehingga tidak cocok dengan warna foundation terang dengan undertones warna merah muda.

Sedangkan warna foundation yang ditengah cenderung terlalu gelap.

Dan untuk warna foundation yang ketiga, adalah warna yang paling tepat! Kenapa? Karena warnanya hanya sedikit lebih terang dibanding warna kulit wajahnya. Warna foundation ini cenderung akan menyatu dengan warna kulit wajah sesaat setelah dibaurkan.

  1. Setelah kamu mencoba foundationnya, biarkan dulu selama 30 menit untuk mengecek apakah foundationnya mengoksidasi.

Masalah oksidasi sering kali terjadi, dan kalau udah kejadian bisa bikin kamu gemes! Jadi, jangan lupa ya selalu berikan waktu kurang lebih 30 menit untuk memastikan foundation kamu mengoksidasi atau tidak.

Oksidasi sendiri merupakan proses berubahnya warna foundation pada wajah menjadi lebih gelap (bahkan bisa cenderung oranye atau abu-abu gelap) dibandingkan warna awal sesaat setelah foundation digunakan.

Biasanya proses oksidasi ini terjadi beberapa jam setelah kamu menggunakan makeup. Penyebabnya, makeup yang kamu gunakan bereaksi dengan minyak alami kulitmu dan juga udara!

  1. Untuk Mengetahui Warna Asli Foundation Di Wajah Kamu, Selalu Cek Hasilnya Di Bawah Sinar Matahari

Lampu yang terpasang di toko kosmetik sering kali menipu kamu ketika sedang mencoba warna kosmetik.

Kalau kamu punya selang waktu, coba deh keluar sebentar sambil melihat hasil sample foundation yang telah kamu coba sebelumnya.

Paparan sinar matahari akan menampilkan warna asli foundationnya. Kamu jadi bisa memutuskan apakah warna foundationnnya cocok dengan kulitmu.

Perlu diketahui, kebanyakan toko kosmetik memiliki lampu yang bisa mengubah tampilan warna kulitmu (yang biasanya membuat wajahmu kamu kelihatan WOW).

Jadi, dengan mengetes warnanya di bawah sinar matahari merupakan cara mudah dan paling ampuh dalam menentukan warna foundation tepat untuk kulit wajahmu!

Sumber: Buzzfeed

Tinggalkan komentar